Wednesday, May 25, 2011

Filled Under:

Bagaimana Membuat Pengunjung Kembali Lagi ke Blog Anda?

Selamat siang para bloggers dan Internetis semua. Siang ini Mas Mus kembali akan memberikan sedikit coretan yang menjadi beban jika harus disimpan dalam hati atau pikiran sendiri. Menumpahkan disini dan menjadi santapan bersama maka itulah solusinya.


Coretan kali ini akan mengambil tema cara membuat para pengunjung blog kita untuk kembali lagi dengan mengajak teman - temannya. 
Sebenarnya dunia itu kecil dan begitu juga dengan dunia para blogers yang sedang kita geluti ini.Mengapa Mas Mus bilang begitu? Karena apapun yang akan kita tulis akan menjadi bacaan bagi orang lain, ibarat kita menulis dalam satu ruangan yang dipenuhi ribuan bahkan jutaan orang. Intinya tulisan itu ibarat sudah kita pampangkan jadi mau tidak mau orang akan membacanya.

Permasalahannya sekarang adalah apa yang akan kita tulis? Apakah hanya akan memposting tulisan orang dengan mengcopypastekan dengan sumbernya atau tidak ada sumber? Atau kita akan menulis karya sendiri?

Cara pertama sebenarnya tidak haram di dunia blog apalagi jika kita menghargai tulisan mereka dengan memberi link sumber copian kita. Tetapi kelemahannya yaitu sudah terlalu banyak yang melakukan seperti itu sehingga ketika orang mencari artikel itu maka bisa saja tertuju ke blog lainnya. Dan juga para pengunjung ke blog kita pun akan malas kembali lagi karena postingan blog kita sama dengan blog - blog yang lain.

Cara yang paling bagus adalah dengan menulis tulisan asli kita. Tapi permasalahannya adalah tidak semua kita bisa menulis kan? Tenang dan baca aja.
Menulis di blog bukan menulis tesis, opini atau reportase.
Jadi kita harus paham bahwa tujuan disini adalah menulis sebagai isi dari blog kita. Jadi kita harus menulis sesuatu yang unik, tidak perlu panjang tetapi bisa minimal 2 atau 3 paragraf. Temanya bisa beragam, anda bisa menulis tentang hal - hal unik yang kita temui, bisa menulis tema - tema unik, bisa menulis tips - tips unik yang sering kita lakukan. Dan satu lagi kita harus menyajikannya dengan santai dan berisi tulisannya serta tersampaikan ide dalam tulisan.

Jadi mudahkan? Lihat saja coretan Mas Mus ini, hanya coretan pendek tetapi berisi dan tersampaikan kepada semua. Dan sekarang mulailah anda menulis dan berikan ciri khas pada blog anda. Dengan ciri khas ini maka para pengunjung akan setia kembali lagi minimal 2 hari sekali untuk membaca tulisan - tulisan kita lainnya. Jika pengunjung sudah banyak maka kewajiban kita untuk memenuhi selera mereka minal satu coretan satu hari.


Sebagai contoh anda bisa lihat coretan Mas Mus yang ini. Silahkan Klik Disini.
Klik juga beberapa Tips lainnya disini, disini dan disni.

0 comments:

Post a Comment