Thursday, January 31, 2013

Filled Under:

Siapa Dibalik Rimba?

Rimba adalah hutan lebat yang luas dengan pohon yang besar-besar. Setiap daerah mempunyai ciri khas rimba tersendiri yang dapat dilihat dari jenis tanaman, binatang, iklim dan tempat. Indonesia yang berada di kawasan tropis maka secara umum mempunyai hutan tropis dengan keanekaragamannya.
Pernahkah anda melihat rimba? Saya yakin setiap kita mengenal rimba meski terkadang kita tidak pernah melihat secara langsung. Biasanya orang-orang yang tinggal di pedalaman, para penyuka travelling alam, aktivis lingkungan sangat sering bersentuhan dengan rimba. Begitu juga dengan para pemburu satwa liar, penebang kayu, para pekerja diperusahaan kehutanan dan perkebunan.
Mengetahui rimba yang berisi ribuan jenis kayu, mungkin kita tidak pernah bertanya siapa dibalik rimba. Sebagai manusia yang percaya pada Tuhan, ada sebagian yang langsung menyimpulkan bahwa rimba telah diciptakan seperti itu oleh Tuhan sejak dahulu dan kita hanya memanfaatkannya. Pendapat ini benar dan dengan begitu kita tidak lagi bingung tentang asal-usul sesuatu termasuk rimba.
Tetapi sebagai manusia yang bersifat kritikus dan rasa ingin tahu, kita bahwa ingin tahu bagaimana rimba bisa tercipta, bagaimana ribuan kayu bisa tumbuh, siapa yang menanamannya, siapa yang merawatnya dan siapa yang memilikinya. Apakah riba hanya diciptakan untuk manusia saja?
Kita semua tahu bahwa di dalam rimba terdapat beragam satwa liar seperti monyet, kera, gajah, harimau, ular, kancil, rusa, elang, beo, jalak, cendrawasih dan lainnya. Sebagian dari mereka adalah binatang adalah binatang pemakan tumbuhan dan sebagian lagi pemakan daging.
Menurut informasi yang pernah saya dengar, ada jenis-jenis binatang pemakan biji-bijian dan buah-buahan yang biji dari buah yang mereka makan akan tumbuh lagi menjadi tumbuhan. Jadi disini para binatang seperti monyet, burung-burung ikut andil dalam melestarikan hutan atau rimba. Karena kotoran mereka menhasilkan bibit-bibit tumbuhan yang bisa kita manfaatkan.
Jika memang para satwa liar ini ikut andil dalam melestarikan rimba dan menjadi dalang dalam memperbanyak tumbuhan maka kenapa kita tidak melindungi mereka agar siklus alam tetap terjaga. Jangana da pembunuhan terhadap satwa liar karena imbasnya terhadap hutan dan peradaban manusia.
1359642986752618746

0 comments:

Post a Comment