Thursday, February 28, 2013

Filled Under:

Lampu Pengemis

Duhai pejalan kaki tak bertopi
Wahai pengemudi yang saban hari berdasi
Wahai wanita-wanita yang merah pipi
Wahai manusia yang jalan ini sering kau lewati.

Aku pengemis hina di pinggir jalan
Aku orang yang sering kalian tak hiraukan
Aku lelaki tua yang juga punya tanggungan
Aku disini bukan atas kemauan.

Bisik-bisik manusia di persimpangan lampu merah
Tentu saja bukan membisikkan keadaanku
Bisik-bisik mereka yang samar terdengar
Tentang pengemis yang makin merajalela

Ketahuilah hai para pengguna jalan
Tak usah berbisik tentang kami
Kami ini komuditi penguasa
Kami ini dipelihara

Aku disini dengan segala kehinaan
Berharap belas kasihan manusia yang ikhlas
Kami berebut sekeping uang lontaran kalian
Kami kumpulkan untuk kebutuhan kami

Apakah kami pemalas
Jika kami pemalas maka kami tidak disini

0 comments:

Post a Comment