Friday, January 25, 2013

Filled Under:

Puluhan Gajah Liar Datang Lagi

CALANG – Warga Keunareh Desa Gampong Baroh, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya hingga Rabu (23/1) masih dalam kondisi ketakutan dan resah karena puluhan ekor gajah liar kembali berkeliaran di kawasan mereka. Kedatangan gerombolan gajah liar itu membuat warga tidak berani ke kebun untuk melakukan aktivitas dalam mencari nafkah.

Camat Setia Bakti, Aceh Jaya, Ibnu Abbas kepada Serambi, Kamis (24/1) mengatakan, kondisi warganya di Dusun Keunareuh, Desa Gampong Baroh saat ini sangat memperihatinkan. Pasalnya, kawanan gajah liar yang datang ke daerah itu membuat warga tidak berani lagi ke kebun untuk beraktivitas sebagaimana biasanya. Kondisi tersebut sangat meresahkan warga untuk bekerja.

“Saya sudah ke lokasi bersama anggota Polhut, LSM, BPBD dan RAPI Aceh Jaya, melihat kondisi di sana masih sangat mengkhawatirkan, sebab hingga Selasa kemarin, gerombolan gajah masih berada di kawasan desa itu dengan bukti banyaknya jejak bekas telapak kaki dan kotoran yang berhamburan dekat dengan rumah warga,” kata Ibnu Abbas sambil menambahkan, “Kita berharap kepada pemerintah hendaknya persoalan konflik gajah liar perlu melahirkan solusi yang tepat agar warga tidak terzalimi dan semakin melarat akibat tanaman hancur dan keselamatan jiwa mereka.”

Ketua Pengurus LSM Mataradja, Aceh Jaya T Asrizal kepada Serambi mengatakan, kawanan gajah liar di kawasan Dusun Keunareh, Desa Gampong Baroh sedikitnya mencapai 50 ekor. Kondisi tersebut membuat warga di kawasan itu dalam ketakutan dan aktivitas hari-hari di kawasan itu lumpuh dalam tiga hari terkhir ini.

“Tidak seharusnya pemerintah berdiam diri untuk sebuah masalah yang telah membuat warga jadi sengsara akibat ulah binatang liar (gajah). Kita berharap pemerintah untuk tidak membiarkan konflik gajah dengan manusia berlarut-larut, sementara harta dan ancaman keselamatan warga kian parah, sebab tanaman sawit dan karet yang menjadi salah satu andalan warga setempat kini hampir punah,” ujar T Asrizal.

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/2013/01/25/puluhan-gajah-liar-datang-lagi

0 comments:

Post a Comment