Sunday, May 22, 2011

Filled Under:

Mengapa Aku Memilih Gaya Kenthir

Kenthir, bagiku adalah sebuah kata baru yang ku artikan gaya menulis gila dan membuat para pembaca tertawa atau paling tidak merasa terhina dan tercaci. Menulis gaya kenthir untuk beberapa hari ini sering kali aku lakukan dan ada kenikmatan dan kepuasan di dalamnya.

Gaya Kenthir adalah sebuah gaya menulis model baru yang mampu merngggangkan otot - otot mulut dan mengencangkan otot wajah para pembaca. Bagi penulis, ketika menulis tulisan bergaya ini, akan mendapatkan pengalaman unik karena tulisannya penuh dengan air liur dan ludah, ingat tanpa lendir.

Awalnya aku berpikir bahwa, menulis tulisan kenthir akan menurunkan martabat dan derajat kita karena isi tulisan yang hanya berkutat seputar dada, paha dan dada lagi. Tetapi se4banrnya cakupan kenthir itu luas bak gallaxy bimasakti yang kita diami, tak akan habis ditulis karena disini berdiam ribuan ide yang bisa dikembangkan. Intinya, Tulisan kenthir membutuhkan kreativitas tingkat tinggi dalam mengolah kata rumit menjadi sederhana dan renyah di mulut pembaca. Selain itu kita juga harus bisa memodifikasikan kejadian dan even ke dalam cerita berbeda agar pembaca merasakan kenyamanan dalam menyerap informasi.

Dalam tulisan kenthir tidak tabu mengggunakan kata - kata non ilmiah karena yang diutamakan disini adalah pesan dari penulis tersampaikan. Jadi, disini kita bisa membahas politik, ekonomi, budaya, sastra, bahasa, fiksi, hiburan, reportase yang semuanya dikemas dalam kemasan pro kenthir yang unik. Ya, unik karena panyampaian yang berbeda.

Dulu aku sering menulis tentang olahraga, politik, pendidikan, lingkungan dan ide yang serius lainnya tapi sekarang aku tetap menulis juga dengan ide tersebut dalam gaya kenthirku. Disini aku bebas berekspresi dalam menentukan gayaku asal tidak keluar dari rel kenthir yang kocak.

Bagiku kenthir itu bukan gaya yang gila dan sinting, tetapi kenthir itu mampu menyamakan antara pemikiran penulis tingkat tinggi dengan pemikiran pembaca tingkat rendahan. Cerminan ini mampu menghadirkan keakraban yang lama antara pertemanan baru.

Jika ada yang bertanya, malukah anda menulis tulisan sampah bergaya kenthir? Tentu tidak bagi diriku, karena bagiku setiap tulisan itu butuh kreativitas ide dan menjadi pemikiran yang tercurahkan dalam ide ke dalam bentuk kata - kata yang mampu memposiskan masalah rumit ke dalam maslah ringan.

Bagiku, inilah gaya tulisanku.KENTHIRisme. Dan aku siap mempromosikan gaya paham menulis ini menjadi sebuah aliran tulisa yang diperhitungkan buka hanya disini tapi di bumi juga.

Mari para kenthir yang mengaku kenthir labil, stabil dan sejati, kita berekspresi memberika pencerahan dengan gaya kita. Kenthirisme banget!

0 comments:

Post a Comment