Sunday, May 22, 2011

Filled Under:

Aceh: Haji Gratis buat Ulama

Ilustrasi Admin (www.kompas.com)
Ilustrasi Admin (www.kompas.com)
Musim haji kembali tiba, semua ummat muslim yang beriman dan mempunyai kemampuan Insyaallah akan melaksanak ibadah haji ke Baitullah. Ada yang sudah berangkat dan yang masih dalam daftar tunggu. Aceh sebagai negeri yang mayoritas penduduk beragama islam juga turut menfasilitasi masyarakatnya menunaikan ibadah haji.
Berbeda dengan daerah lain di Indonesia, Jamaah haji dari embarkasi Sultan Iskandar Muda atau masyarakat aceh yang menunaikan ibadah haji mempunyai keunikannya sendiri. Sewaktu mereka kembali ke Tanah Air maka mereka akan mendapatkan pergantian biaya pemondokan yang besarnya bisa mencapai 25 milyar lebih seperti pada tahun 2007/2008.
Darimanakah asal uang tersebut? Uang ini didapatkan dari hasil tanah yang diwakafkan oleh Habib Bugak Al Asyi pada tahun 1224 H atau sekitar tahun 1800 M. Maksud dan tujuan tanah ini adalah sebagai sedekah jariah beliau yang akan dimanfaatkan untuk kepentingan penduduk Aceh di Mekkah.
Dewasa ini, pemerintahan Aceh menggunakan penghasilan dari Bagunan yang telah di bangun di Tanah Wakaf tersebut seperti Hotel Jiad dan Menara Jiad untuk kepentingan Jamaah Haji asal Aceh. Diperkirakan sekarang ini total harta wakaf tersebut mencapai 5.5 Trilyun Rupiah.
Sebagai masyarakat Aceh, saya sangat senang dengan program ini karena akan mengurangi beban para jamaah calon haji dari Aceh. Membayar biaya pemondokan akan mengembalikan sedikit uang yang digunakan oleh Jamaah Calon Haji.
Banyaknya masyarakat Aceh yang belum mampu naik haji seharusnya menjadi prioritas pemerintah sekarang. Daripada mengembalikan uang pemondokan kepada Jamaah Calon Haji yang dengan ikhlas dan berkemampuan dalam menjalankan Haji, rasanya lebih bijak kalau pemerintah Aceh memberikan peluang naik haji gratis bagi para Imam Mesjid - imam mesjid yang ada di Aceh, para Ustad/ah, para ulama yang sampai sekarang belum mampu menunaikan ibadah haji. Mungkin ini lebih bermanfaat karena mereka akan mampu mendidik generasi Aceh ke depan untuk lebih Islami.

0 comments:

Post a Comment