Tuesday, June 14, 2011

Filled Under: , , ,

Banyak Blogger hanya Copy Paste

Beberapa bulan ini aku mencoba menaklukkan dunia blog dengan memiliki blog pribadi. Atas anjuran teman aku diupayakan mampu menghidupkan blog dengan meningkatkan blogwalking antar sesama blogger. Dan ternyata cara itu sangat efisien dalam meningkatkan traffic blog aku.
Setelah puluhan bahkan ratusan blog aku jelajahi, mulai dari blog pemula sampai blog yang udah karatan di dunia maya maka aku mendapatkan sebuah keunikan yaitu kesamaan artikel. Karena bagiku mengunjungi bukan sekedar meninggalkan jejak tapi juga untuk membaca.
Banyak artikel di berbagai blog yang pernah ku kunjungi berkatagorikan artikel Copas. Dan disana tidak pernah tercantum asal muasal ata sumber artikel. Jadi seakan - akan si pemilik blog adalah penulis artikel itu. Yang menjadi pertanyaan apakah mengisi artikel di blog itu mesti hanya dengan artikel - artikel yang sudah terkenal sehingga jalan copy paste menjadi satu - satunya jalan meramiakan artikel?
Sebagai penulis pemula yang membenci usaha plagiat maka aku sangat tidak setuju dengan praktek - praktek demikian. Bagiku menulis itu adalah sebuah kejujuran yang terlahir dari ide dan karya sendiri, dan jika pun harus mengambil karya lain itu hanya sebatas referensi dalam data menulis. Dan juga harus mencantumkan sumber tulisan sebagai penghargaan kepada penulis asli.

0 comments:

Post a Comment